Pilih jenis member anda

 

Rekening Bersama

Rekber atau Rekening Bersama

Seiring dengan arus globalisasi dunia, saat ini transaksi jual beli secara online (FJB = Forum Jual Beli) sudah bukan merupakan barang baru dan sering kali dijumpai via internet. Bagi Anda pembeli tinggal melihat dan mencari jenis barang yang ingin dikehendaki dan dibeli yang banyak terdapat dalam katalog produk masing-masing. Transaksi yang terjadi sering kali sangat mudah bahkan dalam hitungan detik sudah terjadi deal transaksi.

Untuk Anda kalangan netizen (Netizen: kombinasi dari kata ‘internet’ dan ‘citizen’. yaitu komunitas yang aktif dalam menggunakan internet) yang sering melakukan transaksi online ataupun jual beli secara online, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Rekber atau Rekening Bersama.

Jual beli online yang dilakukan via internet ini bisa dilakukan untuk berbagai macam jenis produk seperti handphone, laptop, peralatan atau benda elektronik lainnya. Umumnya banyak kita temukan untuk transaksi jual beli dengan nilai nominal tinggi (mahal). 

PT Warindo melarang keras untuk transaksi jual beli narkotika ataupun yang berhubungan dengan pornografi dan minuman keras. Selalu berhati-hati dalam bertransaksi karena penipuan online itu sering terjadi,

Selalu gunakan rekening bersama (rekber) yang menggunakan nama perusahaan PT untuk tiap transaksi online supaya tidak tertipu. Teliti dahulu jejak rekam dari setiap rekber yang ingin Anda pilih.

Dalam istilah yang sering dipakai dalam Forum Jual Beli (Kamus Ringkas) Rekber adalah singkatan dari rekening bersama (diluar negeri dikenal dengan nama Escrow Service), yaitu jasa penyedia rekening netral sementara yang menampung transfer uang dari pembeli untuk diserahkan kepada penjual setelah barang diterima. Ini adalah jasa fasilitas untuk menghindari hal-hal penipuan seperti barang tidak dikirim oleh penjual setelah uang ditransfer.

Dalam hal ini PT Warindo berperan sebagai pihak ketiga dalam arah pergerakan uang antara penjual dengan pembeli. Disini pembeli yang semula langsung menghubungi ke penjual diperantarai oleh PT Warindo untuk faktor keamanan dari segi dana agar penjual tidak langsung menerima uang dari pembeli.

Setelah barang diterima dan disetujui oleh pembeli, maka PT Warindo yang akan mengirimkan uangnya ke penjual. Hal ini untuk mencegah terjadi kecurangan dari pihak penjual yang sudah menerima uang dari pembeli tetapi tidak mengirimkan barang yang sudah disepakati (ingkar janji).

Beberapa hal yang perlu diketahui dari pihak pembeli dan penjual :

  • PT Warindo selaku yang mengatur pergerakan arus uang dari penjual dan pembeli tidak ikut campur tangan dan bertanggung jawab terhadap kondisi barang.
  • PT Warindo tidak menjamin terhadap kualitas maupun jumlah kuantitas barang yang dikirim ke pembeli.
  • PT Warindo juga tidak menjamin kerhadap keaslian dari barang tersebut.
  • Tanggung jawab PT Warindo disini adalah menjamin bahwa uang sudah diterima dari pembeli dan kemudian penjual sudah boleh mengirimkan barang tersebut. Setelah pembeli menerima barang kemudian menginstruksikan kepada PT Warindo bahwa uang pembelian barang tersebut boleh langsung ditransfer kepada pihak penjual.
  • Disini peran PT Warindo hanya menjamin pembeli menerima barang yang dikehendaki dan menjamin pihak penjual menerima uang dari hasil penjualan barangnya (win win solution)

Mengapa untuk Rekber ini harus menggunakan PT Warindo ?

  • Seringkali kita jumpai penggunaan Rekber ini banyak yang menggunakan rekening perseorangan atau pribadi sehingga tidak menjamin kehadiran dan keamanan dari Rekber tersebut.
  • Banyak juga pengguna Rekber ini tidak dapat dilacak alamat dan identitasnya secara jelas
  • Dalam hal ini PT Warindo sudah mempunyai ijin KUPU (Kegiatan Usaha Pengiriman Uang) dari Bank Indonesia berhak melayani transfer pengiriman uang dalam dan luar negeri dan sudah terdaftar resmi atas nama perusahaan PT memberikan garansi atas hal ini.
  • PT Warindo berbentuk badan hukum perusahaan dan bukan perseorangan
  • Alamat PT Warindo tercantum secara jelas dan dapat dilihat melalui web ini sehingga dapat terlacak. Hal ini menjamin uang tersebut ada dan penjual tidak perlu khawatir uang tidak akan sampai atau dibawa kabur lari.

 Untuk lebih jelasnya kami lampirkan bagan atau gambaran lebih lanjut :

Bagaimana caranya penggunaan Rekening Bersama :

  1. Pembeli dan penjual sepakat untuk melakukan deal transaksi dan setuju terhadap deskripsi barang, jenis dan type barang, harga, garansi, asuransi, ongkos kirim barang, kondisi barang dan fee rekbernya.
  2. Pembeli dan penjual setuju untuk menggunakan Rekber PT Warindo
  3. Pembeli melakukan transfer uang ke Rekber PT Warindo dan melakukan konfirmasi atas dana yang masuk via sms atau email ke PT Warindo
  4. PT Warindo menginformasikan kepada penjual bahwa dana sudah dikirim oleh pembeli dan penjual menginformasikan kepada PT Warindo atas data dan nomor rekening banknya
  5. Penjual dapat mengirimkan barang tersebut
  6. Barang sampai di tangan pembeli dan pembeli melakukan pengecekan terhadap barang yang sudah disepakati sebelumnya.
  7. Apabila pembeli sudah selesai melakukan pengecekan barang kemudian memberikan instruksi kepada PT Warindo untuk dapat melakukan transfer dana kepada pihak penjual
  8. PT Warindo melakukan transfer dana kepada penjual dan mengirimkan bukti transfer tersebut kepada penjual dan transaksi selesai.

     

Apa yang harus dilakukan apabila ternyata barang tidak dikirim oleh penjual atau tidak sesuai dengan deal nego awal ?

Jangan khawatir selama PT Warindo belum mendapatkan informasi terhadap pengecekan barang dari pembeli dan belum ada instruksi dari pihak pembeli untuk boleh membayarkan atau melakukan transfer dana, maka dana dari pihak pembeli terjamin keamanannya.

  1. Barang harus dikembalikan kepada penjual sesuai dengan kondisi awal (tanpa kerusakan/cacat dari pihak pembeli) max 3 x 24 jam sejak barang diterima pembeli
  2. Dana yang dititipkan ke PT Warindo akan dikembalikan full kepada pembeli setelah dipotong biaya rekber

Apa yang harus dilakukan apabila ternyata barang sudah dikirim oleh penjual tetapi pembeli tidak merasa atau belum menerima barangnya ?

  1. Pembeli menginformasikan kepada penjual dan PT Warindo bahwa barang belum dikirimkan (max 3 x 24 jam sejak transfer uang ke PT Warindo)
  2. Penjual harus mengirimkan bukti pengiriman barang kepada PT Warindo apabila ternyata penjual sudah mengirim paket barangnya
  3. PT Warindo melakukan klarifikasi terhadap pengiriman barang tersebut
  4. Apabila agen jasa pengiriman barang dapat membuktikan bahwa barang tersebut sudah dikirim dan diterima oleh pembeli maka transfer dana tetap wajib dilakukan kepada pihak penjual
  5. Apabila dalam 3 x 24 jam pembeli tidak mengkonfirmasi kembali barang sudah diterima maka PT Warindo akan langsung mencairkan dananya kepada penjual.

escrow

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ESCROW