Pilih jenis member anda

 

FAQ REKBER

imagesCAQ9V9Y4

Q : Apakah Rekening Bersama (Rekber) itu ?
A : Rekber adalah singkatan dari rekening bersama (diluar negeri dikenal dengan nama

Escrow Service), yaitu jasa penyedia rekening netral sementara yang menampung transfer uang dari pembeli untuk diserahkan kepada penjual setelah barang diterima. Ini adalah jasa fasilitas untuk menghindari hal-hal penipuan seperti barang tidak dikirim oleh penjual setelah uang ditransfer.

 

Q : Bagaimana cara penggunaan Rekber melalui PT Warindo ?

A :

  1. Pembeli dan penjual sepakat untuk melakukan deal transaksi dan setuju terhadap deskripsi barang, jenis dan type barang, harga, garansi, asuransi, ongkos kirim barang, kondisi barang dan fee rekbernya.
    Kemudian Pembeli dan penjual setuju untuk menggunakan Rekber PT Warindo
  2. Pembeli melakukan transfer uang ke Rekber PT Warindo dan melakukan konfirmasi atas dana yang masuk via sms atau email ke PT Warindo
  3. PT Warindo menginformasikan kepada penjual bahwa dana sudah dikirim oleh pembeli dan penjual menginformasikan kepada PT Warindo atas data dan nomor rekening banknya
  4. Penjual dapat mengirimkan barang tersebut
  5. Barang sampai di tangan pembeli dan pembeli melakukan pengecekan terhadap barang yang sudah disepakati sebelumnya. Pembeli mengkonfirmasi kepada PT Warindo atas penerimaan barang
  6. Apabila pembeli sudah selesai melakukan pengecekan barang kemudian memberikan instruksi kepada PT Warindo untuk dapat melakukan transfer dana kepada pihak penjual
  7. PT Warindo melakukan transfer dana kepada penjual dan mengirimkan bukti transfer tersebut kepada penjual dan transaksi selesai.

Q : Apa keunggulan penggunaan Rekber via PT Warindo ?

A :

•   Rekber via PT Warindo berbentuk badan hukum menggunakan atas nama perusahaan dan bukan atas nama pribadi sehingga menjamin kehadiran dan keamanan dari Rekber tersebut.

•   PT Warindo mempunyai gedung yang resmi dan mempunyai alamat dan no telp yang jelas dan dapat dilacak keberadaannya

•   PT Warindo mempunyai ijin resmi KUPU (Kegiatan Usaha Pengiriman Uang) dari Bank Indonesia yang berhak melayani transfer pengiriman uang dalam dan luar negeri

•   PT Warindo menggunakan no rekening terdaftar atas nama perusahaan dan bukan rekening perseorangan

 

Q: Apa pentingnya menggunakan Rekber ?

A : Dengan menggunakan Rekber menjamin setiap hak dari Pembeli dan Penjual untuk mendapatkan yang dikehendaki dari deal transaksi masing-masing.

  • Penjual mendapatkan uang sesuai dengan kesepakatan negosiasi
  • Pembeli mendapatkan barang sesuai dengan kriteria barang yang sudah disepakati bersama
  • Sama-sama untung dan sama-sama senang

 

Q : Apakah PT Warindo menjamin terhadap barang yang sudah disepakati ?
A :

  • PT Warindo selaku yang mengatur pergerakan arus uang dari penjual dan pembeli tidak ikut campur tangan dan bertanggung jawab terhadap kondisi barang.
  • PT Warindo tidak menjamin terhadap kualitas maupun jumlah kuantitas barang yang dikirim ke pembeli.
  • PT Warindo juga tidak menjamin kerhadap keaslian dari barang tersebut.
  • Tanggung jawab PT Warindo disini adalah menjamin bahwa uang sudah diterima dari pembeli dan kemudian penjual sudah boleh mengirimkan barang tersebut. Setelah pembeli menerima barang kemudian menginstruksikan kepada PT Warindo bahwa uang pembelian barang tersebut boleh langsung ditransfer kepada pihak penjual.
  • Disini peran PT Warindo hanya menjamin pembeli menerima barang yang dikehendaki dan menjamin pihak penjual menerima uang dari hasil penjualan barangnya (win win solution)

 

Q : Apa yang harus dilakukan oleh Pembeli/Penjual apabila ternyata barang tidak  

      dikirim oleh penjual atau ternyata barang tidak sesuai dengan deal nego awal ?

A : Jangan khawatir selama PT Warindo belum mendapatkan informasi terhadap pengecekan barang dari Pembeli dan belum ada instruksi dari pihak Pembeli untuk boleh membayarkan atau melakukan transfer dana, maka dana dari pihak pembeli terjamin keamanannya.

Apabila ternyata barang cacat atau tidak sesuai dengan deal negosiasi awal maka :

  1. Barang harus dikembalikan kepada Penjual sesuai dengan kondisi awal (tanpa kerusakan/cacat dari pihak pembeli) max 3 x 24 jam sejak barang diterima pembeli
  2. Dana yang dititipkan ke PT Warindo akan dikembalikan full kepada pembeli setelah dipotong biaya rekber

 

Q : Apa yang harus dilakukan apabila ternyata barang sudah dikirimkan oleh Penjual

       tetapi Pembeli tidak merasa atau belum menerima barangnya ?

A : Beberapa hal harus diperhatikan dibawah ini :

  1. Pembeli menginformasikan kepada Penjual dan PT Warindo bahwa barang belum dikirimkan (max 3 x 24 jam sejak transfer uang ke PT Warindo)
  2. Penjual harus mengirimkan bukti resi pengiriman barang kepada PT Warindo apabila ternyata Penjual memang sudah mengirim paket barangnya
  3. PT Warindo melakukan klarifikasi terhadap pengiriman barang tersebut terhadap perusahan jasa pengiriman barang
  4. Apabila agen jasa pengiriman barang dapat membuktikan bahwa barang tersebut sudah dikirim dan diterima oleh Pembeli maka transfer dana tetap wajib dilakukan kepada pihak Penjual
  5. Apabila dalam 3 x 24 jam pembeli tidak mengkonfirmasi kembali barang yang sudah diterima maka PT Warindo akan langsung melakukan transfer kepada Penjual.

 

Q : Apakah bisa menghubungi PT Warindo secara langsung ?

A : Anda dapat menghubungi PT Warindo secara langsung baik via email, chatting online ataupun via telepon secara langsung. Data dan alamat PT Warind tertera pada web pada halaman kontak kami (contact us)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = thirteen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>